Pengertian Antologi Puisi Lengkap dengan Contohnya

Antologi Puisi Lengkap dengan Contohnya - Antologi Puisi

Apa itu Antologi?

Antologi secara bahasa. Mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Antologi/an•to•lo•gi/ n merupakan kumpulan karya tulis pilihan dari seorang atau beberapa orang pengarang.

Sedangkan secara harfiah, antologi berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti "karangan bunga" atau "kumpulan bunga",  adalah sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. 
antologi puisi

Awalnya, definisi ini hanya mencakup kumpulan puisi (termasuk syair dan pantun) yang dicetak dalam satu volume buku puisi. Namun, antologi dapat diartikan secara luas menjadi kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek, novel pendek, prosa, dan lain-lain. 

Dalam pengertian modern, kumpulan karya musik oleh seorang artis, kumpulan cerita yang disiarkan di televise atau radio juga bisa tergolong ke dalam antologi.

Pengertian Antologi Puisi

Antologi puisi adalah kumpulan puisi-puisi pilihan yang dijadikan dalam satu buku. Antologi Puisi adalah kumpulan puisi yang dihasilkan oleh beberapa orang penyair. Antologi adalah kumpulan dari beberapa karya yang biasanya dibukukan. Jadi yang dimaksud dengan antologi puisi adalah kumpulan dari beberapa karya puisi.

Ciri-ciri antologi puisi:
• Terdiri dari beberapa puisi
• Karya dari seorang atau beberapa penulis dalam suatu volume

Contoh Antologi Puisi

Contoh: Antologi Puisi yang berjudul Balada Secangkir Kopi oleh HoneyDew, Balada Orang-Orang Tercintayang ditulis oleh Rendra. Memiliki ciri-ciri umum yaitu berisi tentang kisah kehiduapan seorang tokoh. Adapun contoh lain seperti Kumpulan Puisi Chairil Anwar (bisa diakses disini) atau Kumpulan Puisi Sapardi Djoko Terbaik, bisa diakses melalui link berikut ini.


antologi puisi chairil anwar
Sumber: normansatria.wordpress.com
Kata Puisi berasal dari bahasa Yunani “'poiesis'/ποίησις [poieo/ποιέω]”, sebuah karya cipta: membentuk, membuat, atau seni puisi atau puisi adalah bentuk seni sastra di mana bahasa digunakan untuk pengganti, makna yang tampak jelas. 

Sejak abad 20-an puisi sudah dikatakan sebagai penggunaan bahasa secara kreatif. Puisi diciptakan dalam bentuk bahasa yang konvensional untuk meluahkan interpretasi yang berbeda terhadap kata-kata biasa, atau untuk membangkitkan tanggapan emosional.. Kemudian mencoba berkonsentrasi pada fitur seperti pengulangan, bentuk ayat dan sajak, dan menekankan estetika yang membedakan puisi lebih dari objektif informative atau bentuk penulisan biasa.

Penggunaan simbol, ata ambigu, majas ironi dan elemen gaya lain dari diksi puitis sering kali membuat sebuah puisi berpotensi terinterpretasi ganda. Begitu juga, metafora, simile, dan metonimi (kiasan yang digunakan dalam retorika di mana hal atau konsep tidak disebut dengan nama sendiri, tetapi dengan nama sesuatu yang berkaitan erat dengan hal itu atau konsep) membuat resonansi antara makna tersurat dan makna tersirat, membentuk sebuah rasa baru.

Baahasa seorang penyair atau seorang pengarang puisi tidak lepas dari pengaruh budaya dan etnis lingkungan orang tersebut. Seperti halnya karya-karua puisi Jalalludin Rumi yang tak lepas dari budaya religiusnya, akan tetapi ada juga yang mempunyai gaya bahasa luar biasa seperti nyayian teramat merdu, menggunakan bahasa super puitis, seperti contohnya Al Quran. Walau lebih tepatnya bukan disebut buku melainkan kitab suci umat Islam.

Kesimpulan

Antologi puisi merupakan kumpulan puisi yang di tulis oleh seorang penyair atau lebih dalam suatu volume. Semoga tulisan ini bermanfaat!

sumber: 

Komentar

Posting Komentar